Warnet NComputing X550 dengan OS Ubuntu 10.04.2 LTS

Kabar gembira untuk pengguna NComputing X550 khususnya bagi para pemilik warnet, pada Oktober 2011 kemaren NComputing merilis driver VSpace baru untuk Ubuntu 10.04.2.
Setelah coba sana-sini, utek-utek sana-sini , akhirnya berhasil juga instalasi warnet ubuntu kali ini...cukup stabil dibanding dengan versi VSpace sebelumnya. Langsung aja ya yang ingin bermigrasi ke Ubuntu dengan NComputing X550 nya :
  1. Download dulu Ubuntu 10.04.2 nya di disini, pastikan yang Anda download benar versi releasenya.
  2. Setelah download file ISO selesai, burn ke CD atau buat usb flashdisk installer. Saya sendiri lebih suka cara yang kedua.
  3. Install Ubuntu ke kompi host NComputing. Untuk cara installnya googling sendiri ya..banyak kok dan gampang juga :)
  4. Setelah instalasi selesai, pastikan koneksi internet pada host telah berjalan, masuk ke System>Administration>Update Manager kemudian tekan Check
  5. Tunggu sampai proses update selesai, setelah selesai update jangan langsung lakukan Install Updates karena ada beberapa file yang tidak perlu di update, berikut ini yang tidak perlu di update atau jangan diupdate karena akan berpengaruh ke keberhasilan instalasi VSpace nanti (lihat gambar) :)
  6. Setelah di uncheck yang tidak perlu di update silahkan tekan Install Updates, tekan sampai proses update dan instalasi selesai, kemudian Restart komputer.
  7. Sampai sini kita sudah berhasil menginstall Ubuntu 10.04.2. Selanjutnya download software driver VSpace terbaru X550 untuk OS Ubuntu 10.04.2 disini.
  8. Instalkan file .deb nya, ikuti proses regristrasinya. Setelah selesai Restart kembali komputer host.
  9. Sekarang tinggal membuat user saja. Tambahkan user yang berhak mengakses host lewat System>Administration>Users and Groups.
  10. Selesai :)
Sekarang tinggal sesuaikan Ubuntu 10.04.2 sesuai dengan keperluan warnet Anda, lewat Ubuntu Software Center, remove aja aplikasi yang dirasa tidak perlu dan tambahkan aplikasi yang Anda butuhkan.

Oh ya kalo perlu Billing ada kok yang bisa cocok untuk warnet Ubuntu ini..namanya billing BiOS berbasis web..nanti ya nulis trik2nya...atau googling aja dulu ya..hehehehe...maaf masih ada yang harus dikerjakan lagi nih masalahnya...sampai jumpaaaa :)

0 komentar:

Copyright © 2013 Java AnggreK Komputer